Kebebasan di dalam Batas

edited by writer


Benarkah ada batas di antara kita?
Benarkah aku di dalam
Dan kau di luar?
Benarkah aku tak bisa bergerak,
Sedangkan kau ke sana ke mari?

Lihatlah dirimu yang dapat berlari
Memutar diri sesuka hati
Bernyanyi riang sampai tuli
Memanjat pohon mangga tanpa peduli

Apa hanya kau yang bisa?
Karena kau di luar penuh kebebasan?
Punya teman,
Punya jaringan,
Punya uang,
Punya hutang.

Hahaha...
Aku terkekeh nyaris tak berhenti.
Sampai ususku terguncang karena lupa diri.
Ya, aku terlihat kurus dalam hitungan hari.
Bukan karena aku tak bisa makan
namun karena aku punya teman.
Dia dokter bedah yang dapat mengupas habis lemakku,
Agar aku bisa mengiba mencari kebebasan.
Sampai semua memberikan pertolongan.
Sampai aku tak lagi terbelenggu oleh batas.
Batas yang hanya terlihat dengan kasat mata
namun bisa ditembus kapan saja.

Hahaha...
Aku kini tertawa
Bahkan terpingkal-pingkal.
Karena aku sudah tak malu lagi.
Kanan-kiriku juga sama.
Mereka juga menikmati kebebasan,
Sepertiku
Dan sepertimu.

Apa kau tak percaya?


Deddy Husein S.
Indonesia, 17-9-2018

Comments

Post a Comment

Popular Posts